24
Feb
09

Dunia Manajemen

ManajemenMenurut James Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan sumber daya organisasi dengan bantuan alat untuk mencapai tujuan organisasi.

*) Fungsi manajemen menurut James Stoner adalah :

1. Perencanaan (planning)

Adalah proses penetapan tujuan dan serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan organisasi dalam rangka mencapai tujuan.

2. Pengorganisasian (organizing)

Adalah proses pengaturan dan pengalokasian pekerjaan, wewenang dan sumber daya organisasi untuk tercapainya tujuan organsiasi secara efisien dan efektif.

3. Pemimpinan (Leading)

Adalah proses pengarahan, mempengaruhi, memotivasi dan berkomunikasi dengan karyawan untuk melaksanakan tugas pokok organisasi.

4. Pengendalian (controling)

Adalah proses membandingkan untuk hasil yang ingin dicapai dengan standar yang telah ditetapkan dan bila perlu dilakukan tindakan perbaikan.

* Berdasarkan cakupan aktivitasnya, manager diklasifikasikan ke dalam 2 kategori, yaitu :

a) Manager Fungsional, bertanggung jawab terhadap salah satu kegiatan operasional organisasi, seperti kegiatan produksi, pemasaran, keuangan dan personalia.

b) Manager Umum, bertanggung ajwab atas semua kegiatan dari unit dalam organisasi tersebut seperti bagian produksi, pemasaran, keuangan dan personalia.

Menurut Robert L. Katz, manager dapat berhasil menjalankan tugasnya apabila memiliki 3 keterampilan, yaitu :

a) Keterampilan Konseptual, adalah memapuan manager membuat perencanaan, menuangkan ide atau gagasan strategi serta mengkoordinasikan semua kegiatan yang dilaksanakan organisasi.

b) Keterampilan Hubungan Manusiawi, adalah kemampuan manager untuk bekerja sama dengan orang lain, memotivasi serta berkomunikasi baik perorangan maupun kelompok di dalam maupun di luar organisasi.

c) Keterampilan Teknis, adalah kemampuan manager menggunakan peralatan dan teknis utnuk melaksanakan kegiatan operasional dalam organisasi.

Menurut James Stoner, ada 8 tugas manager, yaitu :

1. The manager assumes resposibility (Seorang manager harus bertanggung jawab).

2. The manager must balance competing goals (Manager harus mampu menciptakan keseimbangan tujuan yang saling bertentangan).

3. The manager is conseptual thinker (Manager adalah seorang pemikir yang konseptual).

4. The manager works with and through other people (Manager adalah orangyang dapat bekerja sama).

5. The manager is a mediator (Manager adalah orang penengah).

6. The manager is a politician (Manager adalah seorang politikus).

7. The manager is a diplomat (Manager adalah seorang diplomat).

8. The manager makes defficult decitions (Manager adalah pengambilan keputusan yang sulit).


0 Responses to “Dunia Manajemen”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


SeJak 15 Juni 2008 KaMu taMu ke...

  • 401,490 Visitors

cHe_de.li.ci.ous

RSS Kamar Hikmah

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Belajar Komputer

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS LiNtaS beRiTa

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Kamar Info

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

GudaNg FiLe

February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

%d bloggers like this: