08
Jan
09

Oshin dan Film Indonesia

Oshin

oshin1

Oshin (おしん?) adalah serial televisi Jepang yang ditayangkan NHK dari 4 April 1983 sampai 31 Maret 1984, menceritakan perjalanan hidup Shin Tanokura (田倉 しん Tanokura Shin) dalam era Meiji sampai awal 1980-an. Ia dipanggil “Oshin”, dan harus bekerja keras dari sejak kecil sampai dewasa, namun kemudian berkat usahanya menjadi pemilik waralaba toko swalayan yang kaya. Seri ini terdiri dari 297 episode sepanjang 15 menit. Seri ini telah ditayangkan di 59 negara, termasuk Indonesia. Pada 1984, seri ini dibuat menjadi film anime oleh Sanrio.

oshin2

Bila kita tengok, begitu menjamurnya film dan sinetron yang kurang berbobot di negeri ini. Bisa dihitung dengan jari tayangan – tayangan yang setidaknya mengandung beberapa hikmah.

Dengan mengusung rasa seni tinggi, film dan sinetron bebas mengumbar hal – hal yang nantinya akan berdampak negatif bagi para pemuda negeri…

Dengan membawa nama kebebasan berekspresi, semua menjadi tak terarah…

Cobalah tiru apa yang seharusnya ditiru… film Oshin adalah salah satu contoh yang paling tidak dapat kita petik hikmah positifnya. Menjadi manusia terbaik bukan hanya menjadi yang terbaik tapi juga menjadikan mata sebagai media untuk menonton film yang terbaik…


12 Responses to “Oshin dan Film Indonesia”


  1. March 4, 2009 at 7:54 am

    waaa…aku juga penggemar Oshin lhoo
    sekarang diputer lagi di TVRI setiap jam 13.30

  2. 2 tettynebonk
    March 5, 2009 at 12:46 pm

    Oshin film yg sgt byk hikmahnya dlm hidup….coba sinetron indonesia buat seperti oshin yg sgt menjujung tinggi nilai kejujuran dan kerendahan hati,dan usaha seseorang yg tdk pernah putus asa,dan selalu prihatin ….ada sih,sinetron indonesia yg bagus yaitu “si Doel anak sekolahan ” sinetron yg mendidik,dan lucu….jgn sinetron yg penuh dgn kezoliman dan pengkhianatan trs….hidup sdh susah,klo kita nonton sinetron yg isinya yg gt2x trs hidup terasa tdk berarti…jadi malas nonton TV….moga2x aja ada produser yg baca ini,jd ada pandangan dan hikmahnya

  3. March 5, 2009 at 1:28 pm

    setuju…

    kurang bermutu tapi banyak yang nonton,,,( film Indonesia )

    coba dunkz buat film2 or sinetron yang lumayan berkualitas gitu kayak Oshin…

    ^_^

    cuma saran lho…

  4. 4 ernie
    March 10, 2009 at 5:15 am

    wah iya….salam kenal semuanya,
    aku jadi kaget pas nemu pertama kali di TVRI. inikan tontonan pas jaman masih kecil…briliant story, film jepang yang masih sangat menganut budaya timur, coba tengok film jepang sekarang….ckckckc. jadi pas jam 13.30an pasti mantengin TVRI….huhu…haus tontonan segar…go go go OSHIN!

  5. March 11, 2009 at 3:55 am

    ^_^

    paling nggak, Oshin bisa dijadikan penyegar tayangan televisi walaupun itu ‘produk’ dari luar…
    salam kenal wat ernie…

  6. 6 citra fistiana
    March 24, 2009 at 3:15 am

    sebetulnya aku pengen banget liat=(
    tapi canel TVRI di rumahku banyak semutnya…..
    btw, kalo cari novel oshin dmn ya????cz q dah nyari d beberapa tempat gak nemu=(

  7. 7 Linda
    April 2, 2009 at 12:36 pm

    Hi..
    Y sm dunk ma ane!!
    Ane jg sk bgt ma 0shin, pa lg tuan Tan0kura ny.

    Tdny pengen bl vcd 0r dvd ny
    0shin.
    Lumayankan bt hiburan ntar kl0 dah ga d tanyangin d tv mana pun..

    Para pr0duser t0l0ng bt film yg bnyk hikmahny d0nk ky 0shin.

  8. April 3, 2009 at 3:50 am

    ^_^

    baut Linda, salam kenal…

    kita tunggu aja dey, mudah2an ada produser yang mau buat film or sinetron Indonesia dengan banyak hikmah…

  9. 9 vivi
    April 4, 2009 at 3:45 am

    wah filmnya bagus bgt….!
    tp skrg gw ga tau oshin tayang jam brp…!

  10. April 9, 2009 at 12:37 pm

    Saya suka oshin, ceritanya, filmnya sampai aktrisnya (:)
    Mudah2an saya bisa ketemu istri kayak oshin he..he..he..

  11. 11 salma
    May 19, 2009 at 8:26 am

    aq suka banget sama beberapa film kehiduapn jepang sarat banget sama hikmahnya, banyak tradisi/kebudayaan jepang yang akhirnya aku tau dari semua film itu, coba dong indonesia buat sinetron yang berbobot, indonesiakan negara yang banyak tradisinya coba buat salah satunya pasti bagus deh,aku dukung. tapi tanpa kekerasan!!!!

  12. 12 Rissa Septiani
    May 27, 2009 at 1:41 am

    Yupzz…film “Oshin” menarik banget! Pertama liat di TVRI sih aku pikir film apa, ternyata menarik banget deh…filmnya bagus buat ditonton, mendidik, dan banyak banget pepatah-pepatah yang bisa kita ambil dari film itu. Coba kalau sekarang di Indonesia banyak fil kayak gitu (mendidik), pasti seru deh! Gak kayak sekarang, banyak banget sinetron-sinetron di Indonesia yang ceritanya gitu-gitu aja, episode-episode awal sih kayaknya menarik untuk ditonton, tapi kelanjutan ceritanya membosankan, hampir semua sinetron ceritanya hampir sama. Sekarang “Oshin” ada di TVRI tiap hari hari Senin-Jum’at, jam 19.30 WIB, cuma sayang tayangnya cuma setengah jam, tapi iklannya pendek-pendek.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


SeJak 15 Juni 2008 KaMu taMu ke...

  • 401,652 Visitors

cHe_de.li.ci.ous

RSS Kamar Hikmah

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Belajar Komputer

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS LiNtaS beRiTa

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Kamar Info

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

GudaNg FiLe

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d bloggers like this: