22
Sep
08

Sistem Ekonomi

SISTEM EKONOMI
1. Pengertian
Sistem ekonomi adalah kumpulan dari aturan-aturan atau kebijakan-kebijakan yang saling berkaitan dalam upaya memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran
2. Macam-macam sistem ekonomi
a. Sistem ekonomi tradisional adalah sistem ekonomi di mana kegiatan ekonominya yang masih sangat sederhana
Ciri-ciri sistem ekonomi tradisional adalah
1) masyarakat hidup berkelompok secara kekeluargaan,
2) tanah merupakan sumber kehidupan,
3) belum mengenal adanya pembagian kerja,
4) pertukaran secara barter,
5) tingkat dan macam produksi sesuai kebutuhan.
b. Sistem ekonomi adalah sistem ekonomi yang seluruh kegiatan ekonominya diatur oleh pusat.
Ciri-ciri ekonomi komando adalah
1) semua sumber dan alat produksi dikuasai negara,
2) hak milik perorangan atas alat dan sumber produksi tidak ada,
3) kebijakan perekonomian sepenuhnya diatur pusat
4) Pembagian kerja diatur negara,
5) Masyarakat tidak dapat memilih jenis pekerjaan.
c. Sistem ekonomi pasar adalah sistem ekonomi yang sepenuhnya dilaksanakan oleh wisata, dan pemerintah hanya mengawasi jalannya perekonomian.
Ciri-ciri ekonomi pasar adalah
1) sumber dan alat produksi dikuasai oleh swasta,
2) rakyat diberi kebebasan mengatur sumber dan alat produksi
3) munculnya persaingan antarpengusaha
4) dalam masyarakat terdapat pembagian kelompok-kelompok, yaitu pemilik faktor produksi dan pekerja / buruh
d. Sistem ekonomi campuran adalah gabungan dari sistem ekonomi komando dan pasar, berikut ciri-ciri ekonomi pasar.
1) Alat produksi yang vital dikuasai negara
2) Alat produksi yang kurang penting dikelola swasta
3) Perekonomian dilaksanakan bersama antara pemerintah dan masyarakat
4) Hak milik diakui sepanjang tidak bertentangan dengan kepentingan umum

About these ads

12 Responses to “Sistem Ekonomi”


  1. 1 Rierien Zhazha
    February 19, 2009 at 3:50 pm

    kasihind contoh donk, ttg wilayah2 yang masih menggunakasn wilayah2 tradisional.

  2. February 22, 2009 at 1:56 pm

    ^_^

    buat Zhazha…
    saLaM kNaL y…

    Ada dua kota yang bisa menjadi percontohan dalam hal pengelolaan dan keberpihakan terhadap pasar tradisional, yakni Kota Yogyakarta dan Kota Solo. Seperti telah kita ketahui bersama lima pasar tradisional dari 31 pasar tradisional di Kota Yogyakarta rencananya akan diperbaiki hingga akhir tahun 2006 melalui progam revitalisasi. Dana sekitar Rp1,7 miliar dikucurkan lewat APBD Kota Yogyakarta (Sindo, 6 April 2006). Namun, karena musibah gempa proses revitalisasi kemudian tersebut. Langkah yang sama juga dilakukan pemerintah kota Solo yang juga melakukan langkah serupa.

    Wali Kota Solo mengambil kebijakan untuk melaksanakan proyek rehabilitasi pasarpasar tradisional dengan mengucurkan dana Rp7,7 miliar. Dana APBD tersebut sedianya untuk merehabilitasi 12 pasar dari 38 pasar tradisional yang saat ini masih eksis. Kabar ini tentu menggembirakan, inilah langkah maju pemerintah daerah untuk melindungi dan menampakan keberpihakan terhadap potensi ekonomi lokal.

    http://www.unisosdem.org/article_fullversion.php?aid=7129&coid=2&caid=2&gid=3

  3. August 12, 2009 at 2:35 pm

    Klo yang diatas kan tanya tentang wilayah klo saya mau tanya negara apa aja yg masih memakai sistem ekonomi tradisional????
    THx.

  4. 4 Tie_Tie^_^
    August 29, 2009 at 3:28 am

    Salam kenal y….
    nama q tika…

    isinya bagus banget loe…
    cuma ada yang kurang nich…

    ????????
    ????????
    ????????

    setelah q pikir2 ternyata yang kurang adalah dampaknya…
    seharusnya kmu buat dampak2 dari sistem ekonomi tersebut…
    baik tu dampak positif maupun negatif…

    mungkin cuma tu ja yang mau q sampein ma kmu….

    ni numz q: 085361198849 dan 085270213698
    hub. q ya…
    supaya kita bisa jadi temen..^_^

  5. 5 Selfi
    September 24, 2009 at 10:57 am

    Q ma m0 tny neh

    mdhn2 bz
    ad tgz oalna
    apkh sistem ekonomi dipengruhi oleh dsr negara?
    Thankz

  6. 6 Yacob taniu
    October 4, 2009 at 11:42 am

    kasihin donk fungsi sistim ekonomi!!!!!!

  7. 7 cacamaricha
    October 12, 2009 at 8:32 am

    HOOOYYYYY……………..!!!!!
    thx yiiaa,,,,,
    tugas ilmu ekonomi w jadi slesai,,,,

    see you

  8. 8 diNeZ
    October 19, 2009 at 9:32 am

    gMn sEEh kAk, cRa bWt “cELoTeHmU d kArYaKu” iTu????

    aJaRiN dOnK kAk cRa nG-dEsiGn bLog!!

    sOaL’y aQ pGn iKuT LomBa iTu..

    bdw, cRa bWt “cOmMeNt bOx” kYk gMn sEeH??!!

    aJaRiN aQ dOnG kAk, qU tNgGu LoOh……

  9. October 24, 2009 at 10:55 pm

    salam kenal semuanya….
    nw, bener ntoh ko’ g’ ada dampaknya cihhhh….??? terus ada lagi nih….!!! gimana dengan contoh-contohnya…?????

  10. November 29, 2009 at 1:57 am

    tkzz to inForm…

    sastradyan.blogspot.com

  11. 11 Dayan fahlevi
    February 22, 2010 at 5:27 pm

    Thank’s bgd ne buat creator.nya…
    Gara2 lu tugas kuliah gw slese..
    Haha.

  12. 12 morellansis
    March 18, 2010 at 12:14 pm

    mm yg buat in keren. klo gw mah ogah. hha tp kurang lengkap lks gw msh blong2. <3


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


SeJak 15 Juni 2008 KaMu taMu ke...

  • 297,002 Visitors

cHe_de.li.ci.ous

RSS Kamar Hikmah

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Saatnya EraMuslim Bicara …

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

GudaNg FiLe

September 2008
M T W T F S S
« Aug   Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: